Friday 24th of October 2014

 
Halaman Utama
Keraton Kadriah
Written by Wayan   

Keraton Kadariah Pontianak adalah pusat Pemerintahan Pontianak tempo dulu, struktur bangunan dari kayu yang kokoh, didirikan oleh Sultan Syarief Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771. Keraton ini memberikan daya tarik khusus bagi para pengunjung dengan banyaknya artefak atau benda-benda bersejarah seperti beragam perhiasan yang digunakan secara turun temurun sejak jaman dahulu. Disamping itu, koleksi tahta, meriam, benda-benda kuno, barang pecah belah dan foto keluarga yang telah mulai pudar, menggambarkan kehidupan masa lalu.

          Terdapat mimbar yang terbuat dari kayu, serta ada pula cermin antik dari perancis yang berada di aula utama yang oleh masyarakat setempat sering disebut “kaca seribu”. Sultan juga meninggalkan harta-harta pusaka dan benda-benda warisan lainnya kepada anggota keluarga yang masih ada, untuk dipelihara dan dirawat. Keraton kadariah yang berada di daerah kampung dalam bugis, kecamatan Pontianak Timur ini, dapat di capai dalam waktu kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Pontianak.

 
Struktur Organisasi
Written by Wayan   

Untuk kelancaran didalam melaksanakan kegiatan operasional dinas, maka secara internal keorganisasian telah ditetapkan pembagian tugas yang meliputi :

1.         Kepala Dinas.

Kepala Dinas mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, penyelenggaraan pelayanan umum, pengendalian dan pembinaan teknis, penyelenggaraan perizinan, pelaporan dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang Kebudayaan dan Pariwisata yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

2.         Sekretaris Dinas

Sekretaris Dinas mempunyai tugas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis, fasilitas, koordinasi, monitoring dan evaluasi, pembinaan teknis, pelaporan pelaksanaan tugas dan pengelolaan administrasi di bidang kesekretariatan dan seluruh bidang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

a.     Subbag Umum dan Kepegawaian.

     Mempunyai tugas melakukan penglolahan dan penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis, penyusunan rencana kerja, penyelenggaraan kegiatan, penyusunan bahan laporan pelaksanaan tugas, pelaksanaan monitoring dan evaluasi di bidang umum dan kepegawaian.

b.     Subbag Perencanaan

Mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan monitoring dan evaluasi di bidang perencanaan.

c.      Subbag Keuangan

Mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan, menyusun rencana kerja, monitoring dan evaluasi, melaksanakan kegiatan dan menyusun  laporan di bidang keuangan.

3.         Kepala Bidang Pariwisata

Mempunyai tugas memimpin pelaksanaan tugas bidang pariwisata dalam rangka membantu Kepala Dinas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan pelayanan umum, melakukan pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang pariwisata agar tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

a.     Kepala Seksi Pengembangan Objek Pariwisata

mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang usaha obyek dan daya tarik wisata.

b.     Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata

Mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang pemasaran pariwisata.

c.      Kepala Seksi Usaha Sarana dan Jasa Pariwisata

Mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang usaha sarana dan jasa pariwisata.

4.         Kepala Bidang Kebudayaan.

      Mempunyai tugas memimpin pelaksanaan tugas Bidang Kebudayaan dalam rangka membantu Kepala Dinas menyiapkan bahan dan merumuskan kebijakan teknis, menyelenggarakan pelayanan umum, melakukan pembinaan teknis, pelaporan dan evaluasi di bidang agar tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

a.      Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Kesenian.

Mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang pengembangan  dan pembinaan kesenian.

b.     Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kesenian dan Perfilman.

mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang sarana dan prasarana kesenian dan perfilman.

c.      Kepala Seksi Pelestarian Budaya dan Nilai Tradisional.

Mempunyai tugas mengolah dan menyusun bahan perumusan kebijakan teknis, melaksanakan kegiatan dan menyusun laporan, melaksanakan pemantauan dan evaluasi di bidang pelestarian budaya dan nilai tradisional

5.   Kepala Unit Pelaksana Kegiatan Teknis.

      Mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak yang mempunyai wilayah kerja meliputi menyiapkan dan melaksanakan pelayanan dan menyusun pelaporan kegiatan UPTD di bidang Kebudayaan dan Pariwisata agar tugas pokok dan fungsi Dinas Kebudayaan dan Pariwsiata Kota Pontianak dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

 

Struktur

 

 
Disbudpar Kota pontianak
Written by Wayan   

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 16 Tahun 2004 tentang Pembentukan Dinas Daerah Kota Pontianak dibentuklah Dinas Pariwisata Kebudayaan, Informasi dan Komunikasi Kota Pontianak sebagai salah satu lembaga tehnis yang merupakan gabungan dari Kantor Pariwisata, Kantor Informasi dan Komunikasi serta Bagian Kebudayaan yang ada di Dinas Pendidikan Kota Pontianak.

Namun seiring dengan perkembangan organisasi pemerintahan maka sesuai dengan PP no. 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Perda Nomor 11 tahun 2008  tentang pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pontianak, maka Dinas Pariwisata di Kota Pontianak berubah nomenklaturnya menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, dimana untuk susunan organisasi , Tugas pokok organisasi dan tata kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak diatur di dalam Peraturan Walikota Pontianak Nomor 62 Tahun 2008. Lembaga ini dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang bertanggung jawab langsung kepada Walikota Pontianak.

Perubahan organisasi perangkat daerah ini terjadi karena adanya perubahan orientasi dari yang dulu bersifat sentralistik menjadi desentralisasi pada jaman reformasi. Perubahan orientasi tersebut diatas, ditandai dengan lahirnya UU Nomor 22 tahun 2001 yang memberikan kewenangan luas, bulat dan utuh kepada Kabupaten/kota sehingga perlu ditindak lanjuti dengan upaya peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, sebab pada dasarnya proses akhir dari aktivitas otonomi adalah pemberian pelayanan kepada masyarakat yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

Pemerintah Kota Pontianak memiliki visi kedepan yaitu sebagai kota Khatulistiwa Berwawasan Lingkungan dan Terdepan dalam Pembangunan.  lebih memposisikan dirinya sebagai fasilitator dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah peningkatan dalam bidang pariwisata dan kebudayaan.

Untuk dapat melaksanakan dan mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut, Pemerintah kota Pontianak mempunyai program, baik itu program jangka panjang, menengah, maupun tahunan.

Urusan Kepariwisataan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Pontianak meliputi 20 urusan dan berlaku sejak Januari 2001 sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, sehingga didalam pelaksanaan rencana strategis Dinas Pariwisata Kebudayaan, Informasi dan Komunikasi Kota Pontianak pada tahun kelima merupakan kegiatan-kegiatan kelanjutan dari tahun keempat disamping melaksanakan agenda rutin.

          Untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kota Pontianak dibantu oleh Sekretaris, 2 (dua) orang Kepala Bidang dan 1 (satu) orang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah dan seksi-seksi yaitu :

 

  1. Sekretaris Dinas dengan 3 orang Kasubag yaitu :

1.     Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

2.     Kepala Sub Bagian Perencanaan.

3.     Kepala Sub Bagian Keuangan.

 

  1. Kepala Bidang Pariwisata dengan 3 orang Kepala Seksi yaitu :

1.     Kepala Seksi Pengembangan Objek Pariwisata.

2.     Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata.

3.     Kepala Seksi Usaha Sarana dan Jasa Pariwisata.

 

c.      Kepala Bidang Kebudayaan dengan 3 orang Kepala Seksi :

1.     Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Kesenian.

2.     Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kesenian dan Perfilman

3.     Kepala Seksi Pelestarian Budaya dan Nilai Tradisional.

 

d.     Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah

 
Tupoksi
Written by Wayan   

Berdasarkan Peraturan Walikota Pontianak Nomor 62 Tahun 2008, tentang Uraian Tugas Jabatan, maka tugas pokok Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak adalah melaksanakan kewenangan otonomi daerah dalam bidang Kebudayaan dan Pariwisata dalam rangka pelaksanaan tugas desentralisasi, dekonsentrasi dan pembantuan.

Untuk melaksanakan semua tugas pokok seperti disebutkan diatas, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak menyelenggarakan fungsi.

a.      Penyusunan rencana, analisis, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak berdasarkan kebijakan Kepala Daeah ;

b.     Penyelenggaraan pembangunan / pengembangan dan pengelolaan objek pariwisata sesuai potensi daerah ;

c.      Melakukan promosi pariwisata daerah ;

d.     Melakukan kerjasama antar daerah, nasional dan internasional baik swasta maupun pemerintah dalam bidang kepariwisataan ;

e.      Melakukan bimbingan dan pembinaan seni daerah ;

f.       Pelaksanaan ketatausahaan dan rumah tangga dinas.

 
« StartPrev12NextEnd »

Page 2 of 2

Statistik

Content View Hits : 33413
Ulti Clocks content

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak
Jalan Johar No. 1 - Pontianak - Kalimantan Barat - Telp./Fax (0561) 732340
email : disparbud@pontianakkota.go.id